Cara Menghubungkan 1 Laptop dengan 2 LCD Proyektor atau lebih

Tim Proyektor ID sebagai vendor jasa sewa proyektor di Bandung, beberapa kali mendapatkan klien yang ingin menyewa proyektor lebih dari satu unit. Biasanya kami tanyakan dahulu kebutuhannya untuk apa dan berapa input laptop yang digunakan. Jika digunakan di ruangan yang berbeda, tentu tidak ada masalah. Namun beberapa klien kami ada juga yang akan menggunakan proyektor secara bersamaan dalam satu ruangan dengan satu input laptop.

Untuk kebutuhan klien yang kedua ini, dibutuhkan peralatan dan kabel tambahan agar penggunaan proyektor sesuai dan lebih optimal.  Beberapa jenis proyektor ada juga yang memiliki Port VGA input dan output sehingga tidak memerlukan alat tambahan seperti VGA Splitter misalnya. Namun pada artikel ini kami akan memberikan contoh kasus koneksi satu laptop dengan 2 proyektor melalui VGA Splitter.

Perangkat VGA SPlitter
Perangkat VGA Splitter 1 Input 4 Output

Menghubungkan 1 Laptop dengan 2 Proyektor

Bagi Anda yang memerlukan panduan cara menghubungkan 1 Laptop dengan 2 Proyektor, Anda dapat menyimaknya melalui paparan kami berikut ini. Pada praktiknya nanti, Anda bisa menggunakan metoda ini untuk koneksi ke 2, 3, 4 bahkan hingga 8 proyektor. Namun tentunya semakin banyak proyektor yang terhubung, ada kelebihan dan kekurangannya.

Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk menghubungkan 1 Laptop dengan 2 Proyektor, diperlukan peralatan sebagai berikut:

  • 1 (satu) buat Laptop
  • 2 (dua) unit Proyektor
  • 2 (dua) buah Layar Proyektor
  • 1 (satu) buah VGA Splitter
  • 2 (dua) buah kabel VGA standar (3 meter)
  • 1 (satu) buah kabel VGA panjang (10 – 20 meter)
  • Terminal listrik secukupnya

Petunjuk Pemasangan

Setelah semua perangkat tersedia, Anda dapat menyusun perangkat-perangkat tersebut mengikuti skema gambar berikut :

Cara Menghubungkan 1 (satu) Laptop dengan 2 (dua) LCD Proyektor
Gambar Skema Input 1 Laptop dengan 2 LCD Proyektor

Penjelasan Gambar  :

  • Pertama, tentunya Anda harus menyiapkan perangkat-perangkat yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya.
  • Kedua, tentukan tata letak perangkat sesuai dengan kebutuhan Acara Anda.
  • Setiap perangkat elektronik tadi memerlukan tenaga listrik untuk beroperasi. Anda perlu menyiapkan terminal listrik lebih dari satu karena biasanya posisi operator Laptop/Komputer, VGA Splitter dan LCD Proyektor ditempatkan berjauhan menyesuaikan dengan kapasitas ruangan.
  • Setelah semua perangkat diletakkan pada posisinya, selanjutnya Anda bisa menghubungkan setiap perangkat dengan kabel VGA.
  • Laptop dihubungkan dengan VGA Splitter melalui port VGA Input, sedangkan LCD proyektor melalui port VGA Output yang ada di VGA Splitter. Jika jarak antar  perangkat cukup jauh, maka Anda membutuhkan kabel VGA yang lebih panjang.
  • Setelah semua terhubung, nyalakan semua perangkat mulai dari Laptop, VGA Splitter dan LCD Proyektor. Jika koneksi sudah benar, maka tampilan dari dua LCD proyektor yang terhubung akan sama dengan tampilan di laptop.

Catatan:

  • Pada kasus ini kami menggunakan Laptop dan Proyektor yang menggunakan port VGA.
  • Jika Anda menggunakan laptop yang hanya memiliki port HDMI, dapat juga menggunakan kabel konverter VGA to HDMI
  • Penggunaan perangkat VGA Splitter dapat diganti dengan perangkat HDMI Splitter, namun berarti semua kabel harus diganti dengan kabel HDMI.

Kelebihan dan Kekurangan Multi Proyektor

Bagi Anda yang akan menggunakan metode satu input laptop dengan dua atau lebih proyektor, kami perlu paparkan juga kelebihan dan kekurangannya. Hal ini berdasarkan pengalaman kami menangani beberapa klien yang memerlukan tampilan seperti di atas.

Kelebihan Multi Proyektor

  • Cocok diaplikasikan untuk acara dengan ruangan besar dengan banyak peserta
  • Tayangan presentasi atau visual dapat disebar untuk menjangkau banyak peserta
  • Dapat dilakukan mulai dengan proyektor lumens kecil dan layar portabel

Kekurangan Multi Proyektor

  • Membutuhkan kabel VGA / HDMI yang lebih panjang untuk menghubungkan perangkat
  • Membutuhkan sumber listrik yang lebih banyak dan tersebar
  • Kualitas tayangan gambar atau video menurun karena sumber input dibagi ke beberapa proyektor

6 thoughts on “Cara Menghubungkan 1 Laptop dengan 2 LCD Proyektor atau lebih”

  1. mas mau tanya kalau gini aku mau nampilin tampilan pc ke monitor sama ke proyektor itu pakek apa ya? masalahnya gni aku kan pakek splitter buat bagi tampilan dari pc ke proyektor itu pakai hdmi, karena colokan yang vga di pakek buat komputer lainnya, aku udah nyoba pasang pkek splitter yang 1 in 2 out, kan yang in aku ambil vga dari pc kan, trus out nya kau pasangin ke monitor sama proyektor kok nggk tampil dua2 nya ya? apa rusak kah splitternya??? makasih

    Reply
    • Halo Mas Husein, terima kasih sudah berkunjung. Mohon maaf saya kurang paham kasusnya, tapi kalau untuk pengaturan 1 PC outputnye ke 1 monitor dan 1 proyektor harusnya sama seperti di artikel ini. Pastikan saja VGA Splitternya seperti yang di gambar (ada sumber listriknya juga), bukan kabel VGA yang cabang dua. Saya sendiri belum coba kalau kabel tersebut.

      Bisa jadi VGA Splitternya yang rusak, kalau mau beli bisa cek di marketplace saja, saya cek harganya dibawah 100 ribu untuk yang satu input, 4 output. semoga membantu mas.

      Reply
  2. Ass…mas mau tanya semua kabel sdh terpasang sesuai dng artikel tetapi untuk proyektor 1 sdh OK tp proyektor kedua tdk ada sinyal.apakah ada pengaruhnya ketika kabel VGA terlalu panjang..??tks

    Reply
    • Waalaikumsalam, halo mas Irvan. Iya bisa jadi karena kabelnya. Bisa dites dahulu pakai kabel pendek dua-duanya. Kalau tidak ada masalah kemungkinan dari kabel VGA panjangnya.

      Reply
  3. Ass.
    Maaf mau nanya.
    Ketika saya hubungkan vga ke spliter,kenapa warnanya cuma biru ya???
    Beda sekali dengan tampilan aslinya.
    Kira-kira alatnya yang rusak,atau gimana ya?
    Sudah saya tukar tuker kabel pendek dan panjang.tetep aja gak ada perubahan.
    Terimakasih

    Reply
    • Waalaikumsalam. Klo sepengalaman saya, ketika penggunaan VGA Spliter memang kualitas gambar jadi menurun jika dibandingkan dengan satu laptop – satu proyektor. Semakin banyak output makin menurun kualitas gambarnya. Kalau cuma tampilan biru saya belum pernah mengalami, khawatirnya dari VGA Splitternya yang rusak, klo memang diganti-ganti kabel VGA tetap tidak bisa.

      Semoga membantu.

      Reply

Leave a Comment